RELASI KUASA PADA MASA JAWA KUNO (ABAD KE-8-15)

Isi Artikel Utama

Ninny Susanti Tedjowasono

Abstrak

Masa pengaruh Hindu dan Buddha di Jawa dikenal sebagai Masa Jawa Kuno. Sebagian besar prasasti-prasasti Jawa Kuno berisi maklumat raja atau penguasa daerah mengenai penetapan suatu daerah otonomi (sima). Dari isi prasasti-prasasti sima dapat diketahui relasi kuasa seorang raja pada rakyatnya. Relasi kuasa adalah relasi yang bersifat hirarkis. Kekuasaan dapat dibedakan menjadi kekuasaan yang keras dan kekuasaan yang lunak. Isi prasasti-prasasti Raja Airlangga menggambarkan raja menjalankan konsep kekuasaan yang keras untuk menjaga kelangsungan  kerajaannya.  Tindakan  yang  dilakukan  adalah  penyerangan,  penaklukan  dan lainnya. Sedangkan isi prasasti-prasasti raja-raja Majapahit dan naskah Nagarakrtagama memberi gambaran bahwa Raja Hayam Wuruk menjalankan konsep kekuasaan yang lunak, salah satu bentuk dari kekuasaan yang lunak adalah hegemoni. Hegemoni adalah dominasi atas-niai-nilai kehidupan sekelompok masyarakat yang akhirnya berubah menjadi doktrin terhadap kelompok masyarakat lainnya, namun kelompok yang didominasi tidak merasa ditindas dan merasa sebagai hal yang wajar. Kedua contoh yang terjadi pada masa Jawa Kuno yaitu masa pemerintahan Raja Airlangga dan masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk mengklarifikasi tentang relasi kuasa pada masa Jawa Kuno.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Susanti Tedjowasono, N. . (2019). RELASI KUASA PADA MASA JAWA KUNO (ABAD KE-8-15). Prosiding Balai Arkeologi Jawa Barat, 2(1), 25-35. https://doi.org/10.24164/prosiding18/03
Bagian
Artikel

Referensi

Abdullah, Taufik dan Lapian (ed.umum). (2012). Indonesia Dalam Arus Sejarah. Kerajaan

Hindu-Buddha ,Jakarta: Penerbit Ichtiar Baru.

Anderson,Benedict R.O.G 1986, Gagasan Tentang Kekuasaan dalam Kebudayaan Jawa. Di dalam Boediardjo, Meriam,ed. 1986. Aneka Pemikiran Tentang Kuasa dan Wibawa, Jakarta; Penerbit Sinar Harapan.

Djoened Poesponegoro, Marwati & Nugroho Notosusanto ed.umum 1993, Sejarah Nasional

Indonesia II, PN.Balai Pustaka, Jakarta

Budiardjo, Miriam. ed. (1986). Aneka Pemikiran Tentang Kuasa dan Wibawa. Jakarta: Sinar

Harapan.

Foucault, Michel. (2017). Power/Knowledge (Wacana Kuasa/Pengetahuan). Diterjemahkan dari buku Power/Knowledge, Selected Interviews and Other Writings 1972-1977. Yogyakarta: Narasi-Pustaka Promethea.

Gramsci, Antonio. (2017). Sejarah dan Budaya. Diterjemahkan dari buku Selection from The Prison Notebooks of Antonio Gramsci (International Publisher, New York 1987). oleh Quintin Hoare dan Geoffrey Nowell Smith (editor dan Penterjemah).Yogyakarta: Narasi dan Pustaka Promethea.

Magetsari, Noerhadi. (2016). Perspektif Arkeologi Masa Kini dalam Konteks Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Magnis-Suseno, Franz. (2005). Dalam Bayang-bayang Lenin; Enam Pemikir Marxisme Dari

Lenin Sampai Tan Malaka. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Nye, J.S. (2009). Understanding International Conflicts, 7,ed. New York: Pearson.

Pigeaud,Th.G.Th, 1960-1963 Java in The Fourteenth Century: A Study in Cultural History, The Nagarakrtagama by Rakawi Prapanca of Majapahit 1365 AD, The hague: Martinus K.Nijhoff.

Santiko, Hariani (2014), Multikulturalisme dan Toleransi Beragama Pada Zaman Majapahit. Di dalam: Tanudirjo, Daud Aris (Editor Umum). (2014). Inspirasi Majapahit. Yogyakarta: Yayasan Arsari Djojohadikusumo bekerjasama dengan Universitas Indonesia, Universitas Gadjahmada, Universitas Udayana, dan Universitas Hasanuddin.

Susanti, Ninie (1991), Sumber Penghasilan Kerajaan Mataram Kuno, Makalah pada Seminar

Kecil Hasil Penelitian, FSUI, Depok,

-------------. (1996) Prasasti Sebagai Data Sejarah Kuno, Laporan Penelitian di beayai oleh Dana

OPFSUI , FSUI, Depok.

-------------. (2010). Airlangga, Biografi Raja Pembaru Jawa Abad XI. Jakarta: Komunitas Bambu. Tanudirjo, Daud Aris (Editor Umum). (2014). Inspirasi Majapahit. Yogyakarta: Yayasan Arsari

Djojohadikusumo bekerjasama dengan Universitas Indonesia, Universitas Gadjahmada, UniversitasUdayana, dan Universitas Hasanuddin,

Soedjatmoko, Mohammad Ali, G.J.Resink, G.McT. Kahin (editors). (1995). Historiografi

Indonesia, Sebuah Pengantar. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama