KONSEP KEKUASAAN, KEPEMIMPINAN, DAN ORGANISASI DALAM BUDAYA ISLAM

Isi Artikel Utama

Widiati Isana

Abstrak

emimpin  adalah  anggota  dari  suatu  perkumpulan  yang  diberi  kedudukan  tertentu  dan diharapkan  dapat  bertindak  sesuai  dengan  kedudukannya.  Kepemimpinan  yang  efektif (effective leadership) terealisasi pada saat seorang pemimpin dengan kekuasaannya mampu menggugah  pengikutnya  untuk  mencapai  kinerja  yang  memuaskan.  Pengaruh  kekuasaan mempunyai  peranan  sebagai  daya  dorong  bagi  setiap  pemimpin  dalam  mempengaruhi, menggerakkan, dan mengubah perilaku yang dipimpinnya ke arah pencapaian tujuan organisasi. Konsep kepemimpinan dalam Islam sebagai sebuah konsep interaksi, relasi, proses otoritas, kegiatan  mempengaruhi,  mengarahkan  dan  mengkoordinasi  baik  secara  horizontal  maupun vertikal. Budaya keislaman ramah dengan kebinekaan dan keilmuan (Nilai, visi, keilmuan dan pembaharuan). Dalam menjunjung tinggi nilai-nilai tentu harus bersumber pada: keyakinan, keutamaan, keindahan, kebenaran, solidaritas, kasih sayang, keadilan dan kedamaian. Iman, Ilmu dan akhlak menjadi pilar kebudayaan Islam dan perkembangannya. Kontek kepemimpinan dalam Islam, mampu menyatukan budaya Indonesia yang multiculture dan pluralistic dalam bingkai kebinekaan. Sehingga seorang pemimpin dalam bersikap dan memecahkan masalah harus secara komprehensif-interkonektif melihat dari berbagai sudut pandang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Isana, W. . (2019). KONSEP KEKUASAAN, KEPEMIMPINAN, DAN ORGANISASI DALAM BUDAYA ISLAM. Prosiding Balai Arkeologi Jawa Barat, 2(1), 37-49. https://doi.org/10.24164/prosiding18/04
Bagian
Artikel

Referensi

Abdullah, M.A. (2018). Seminar Nasional “Kebudayaan Lokal dalam bingkai Kebudayaan NAsional Indonesia: Budaya local elemen penting pendukung Khazanah Budaya Nasional Indonesia”. Bandung: Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri SGD Bandung.

Al Albani, S.N. (2007). Mukhtasar Shahih Bukhari jilid 3, no hadis 1345. Pustaka Azzam: Cetakan pertama.

Al-Buraey, M.A. (1985). Islam Landasan Alternative Administrasi Pembangunan. Jakarta: CV Rajawali.

Al-Hasani, S.I.A. (99 M). Al-Bahru al-Madid fi Tafsir Al-Quran al-Majid, Juz 1. Mesir: Maktabah

Syamilah.

Al-Isfahani, A. (1978). dalam Mufradat fi Gharib Al-Quran, Mishra; dar al-Ulum.

Al-Jazairy. (2018). Aysar at-Tafsir lil Jazairy Juz 1, Lebanon: Beirut, Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah, Maktabah Syamilah.

As-Sadlan, S. B. G. (2002). Aplikasi Syariat Islam. Jakarta: Darul Fallah. Baharuddin. (2012). Kepemimpinan pendidikan Islam. Yogyakarta: Arruz Media. Baqi, M. F. A. (2013). Shohih Bukhari dan Muslim. Jakarta: Fathan Prima Media. Fakih, A.R. (2001). Kepemimpinan Islam. Yogyakarta: Arruz Media.

Gojali, N. (2013). Manusia dalam Al-Quran dan al-Hadits dalam Tafsir Hadits tentang

Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hodgson. M. G.S. (1984). The Venture of Islam, Jilid 1. Chicago and London: The Univercity Of

Chichago Press.

Kartono, K. (2004). Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Mahmud, N. (2013). Jenderal Islam Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah. Jakarta: Al Wafi.

Manzur, I. (1990). Lisan al-Arabi. Beirut: Dar as-sadir, Maktabah Syamilah.

Nawawi, H. (2001). Kepemimpinan menurut Islam. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Stephen, P.R & Timothy, A.J. (2008). Perilaku Organisasi, edisi Dua Belas, Buku 1. Jakarta:

Salemba Empat.

Winardi. (1990). Kepemimpinan dalam Manajemen, Bandung: Rineka Cipta. Katsir, I. (2008). Al Bidayah wa An Nihayah, jilid 9. Jakarta: Pustaka Azzam.